\\cUaPcUaP aJa samBiL beRkeLuH keSaH\\

Thursday, September 3, 2009

masak Spaghetti Carbonara

dari kemaren kan dsuruh makan daun parsley yang berkhasiat itu, tp kalo dimakan mentah kan pait huek, jadi cari resepnya untuk makan daun itu,
eeeh... ternyata digunain buat hiasan makanan to
ahahaha pantes paiit =D

tp karena harus dimakan, masak spaghetti aja aah... teus cari resepnya Spaghetti Carbonara. Spaghettinya itu yang ada cream2nya itu lho, yang bukan pake saos tomat merah gitu, warnanya putih. Agak eneg kalo kebanyakan, tapi enaak =D
*paling enak buatannya Cafe Parsley di jakal km. 5 ;)

Spaghetti Carbonara
BAHAN :
air untuk merebus
3 sdt garam
1 pak spaghetti (± 450 gr)
2 sdm minyak zaitun/minyak sayur biasa, untuk merebus dan menumis (minyak biasa juga bisa)
150 gr bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
150 gr beef bacon/ smoked beef, iris-iris kecil (daging giling aja lebih praktis)
2 sdm margarine
daun parsley

SAUS :
250 ml krim kental (bisa merk Elle & Vire, Anchor, Vivo, Bakers Mix, Rich -> biasanya cari di deket keju2)
50 ml susu cair
3 butir telur, kocok
1 sdt merica bubuk
100 gr keju parmesan/cheddar parut (cari keju yang biasa buat pizza yang gampang meleleh, cari yang merk Kraft aja)

Cara membuat:
1. Masak air dalam panci, bubuhkan garam. Setelah mendidih, masukkan spaghetti dan tambahkan 1 sdm minyak ke dalamnya. Masak 10-12 menit atau sesuai dengan petunjuk yang tertulis di kemasannya. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
2. Panaskan 1 sdm minyak (bisa pake mentega) dalam wajan, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging iris tadi, masak hingga daging agak kering, angkat. Sisihkan. (kalau nda suka bawang bombay n bawang putih, motongnya besar2 aja, biar bisa disingkirkan waktu makan, ahahahahaha)
3. Panaskan margarine dalam wajan yang agak besar (karena nanti mau dimasukin spaghetti), tumis jamur 3-4 menit, masukkan tumisan daging serta spaghetti, aduk rata.
4. Tuangkan campuran saus ke dalam wajan spaghetti, kecilkan api. Aduk cepat hingga semua bahan tercampur rata dan semua bahan cukup matang, angkat. Pindahkan spaghetti ke atas piring saji. Taburi daun parsley di atasnya. Hidangkan selagi hangat ;)

>>tips n trick
kalau ternyata spaghettinya kurang asin, bisa ditambahin garam/ keju di atasnya, lalu masukkan microwave untuk dihangatkan biar keju meleleh. Ehehehe


enak banget lhoooo :x

meski bikin gendut sih :">
yang penting enak!

6 comments:

HaTTa said...

Aku nggak bisa komen niy... soalnya belum ngrasain... =p Seems nice... ^^

mirza taftazani said...

klo dibayangin ketoke enak deh
tapi klo ngga ada makanannya, gimana mau ngerasain??

biar aq bisa ngomong enak, gimana klo kamu mbawain aq spageti nya.. 2 piring gee ya! klo abis atau aq bilang enak, berarti emang enak!!

wah, tur nek keju ne kakehan yo ra enak, malah nek ngko...
besok nek misale mau mbawain aq, mending dikitan aja kejunya.. hoho.. (berharap entuk spageti)

kutunggu spageti nya.. hahaha

Furqon said...

Hmmm
Ehehe
Mg2 enak :D

Tp yg enak biasanya kolesterol tinggi

yuSsriNaa said...

ahahahaha

> mas hatta
wah km di thailang ya... ndapapa deng, asal bukan malaysia, lg kontroversi lagi =D

> mas marjo
ahahahaha
wah aku juga pengen pamer padahal, brarti sebulan lagi ya?

> mas fur
enak dooonngg
besok km coba yaa =D
kolestrol tinggi sih, tp enak, ya besok2 makan rumput aja teus =P

chiu said...

Kalau sausnya ga langsung dicampur, supaya bisa dimakan lagi malemnya, bisa ga ya? Jadi saus dimasak sendiri ? :)

Thanks for the recipe!

buchalist said...

suka banget masak ya neng...

ternyata gak cuman maemnya yang kalap
hehehhe
ayo kapan2 kita masaaak
;3